Rabu, 10 Agustus 2016

Khutbah: kewajiban menutup aurat

KEWAJIBAN MENUTUP AURAT

Assalamu'alaikum wr.wb

Innahamdalillah nahma duhu wanastiinuhu wa nastaghfiruhu wa naudzubillahi min syururi anfusina wa min syayiia'malina ma yahdzillahu nalaa mudzlilallah wa mayudhlifala hadiyallah. Robbisrohlisodri wa yassirli amri, wah lul uqdatan min lisani,yafqohuqouli. Ashaduallaillahailallah wa ashaduanna Muhammadan rasulullah. Allahummasholi'alaa syayidina muhammadin wa ala alihi syayidinna Muhammad.

Marilah kita kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT,yang telah melimpahkan nikmat,Rahmat dan hidayah kepada kita semua. Tak lupa sholawat dan salam kita chaturkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW.



Hadirin yang dimuliakan Allah SWT

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba menjelaskan sedikit mengenai kewajiban seorang wanita muslim untuk menutup auratnya. Seperti yang kita semua ketahui bahwa aurat wanita adalah seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Seperti firman Allah SWT yang memerintahkan wanita muslim untuk menutup auratnya,sebagai firmannya yang berbunyi:
        Yaa asma-u innal mar ata idzaa ballaghatil haidhalam yashluh ayyuraa minhaa illa haadzaa wa asyaraa illa wajhihi wakaffaih.
Artinya: "Hai asma!sesungguhnya seorang wanita apabila cukup umur tidak boleh dilihat melainkan ini dan ini " kata Rasulullah sambil menunjuk muka dan kedua telapak tangannya. Makan dari itu aurat wanita haruslah ditutupi dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan ketentuan agama islam yang biasa disebut dengan jilbab. Jilbab adalah pakaian lebar atau luas,pakaian kebesaran dan keagungan wanita muslim yang taqwa. Perintah menggunakan jilbab terdapat dalam dalam Q.S AL-AHZAB ayat 59 yang berbunyi:
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا (59)
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab:59)

Ayat tersebut dapat kita ketahui bahwa jilbab berfungsi sebagai identitas diri seorang muslimah serta sebagai pelindung dari hal-hal yang buruk. Jilbab adalah kesederhanaan,memakai jilbab adalah bukti Cinta kepada Allah SWT.Jilbab adalah pakaian orang-orang yang mencintai Allah,jilbab adalah pakaian wanita muslimah yang ingin menjaga kemuliaan dirinya.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT

Bagi teman-teman yang belum berhijab kenapa harus menunda lagi,meskipun banyak yang berkata berkata lebih baik hatinya dulu dijilbabin baru kemudian badannya. Kenapa Kenapa tidak kita ubah perkataan itu dengan mengatakan Bismillah ya Allah saya berhijab mudah-mudahan dengan hijab ini hamba menjadi taat kepada-mu ya Allah.  Ada orang yang beralasan untuk menutupi hatinya dulu baru badannya,padahal kalo menunggu seperti itu mau sampai kapan,karena manusia ini tempat khilaf dan salah. Kalo menunggu menghijabi hatimu sampai kapan, karena manusia terus berbuat salah.  Oleh karena karena itu untuk teman-teman yamg sudah berhijab dalam penggunaan hijabpun tidak boleh seenaknya saja. Jilbab itu diulurkan bukan dililit, tidak tipis,lebar,bukan ketat dan menutupi dada.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT

Pada akhirnya dapat kita ambil pelajaran dari uraian penjelasan diatas. Tutuplah auratmu sebelum ditutup kain kafan oleh orang lain. Sekian yang dapat saya sampaikan mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Subhanakaallahumma wabihamdika syhaduallailahaillaanta astagfiruka waatubu ilaik.subhanaka rabbika robbil izzati amma yasifuun wassalamunalal mursalin.walhamdulillahi robbil alamin.wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar